Presentasi Ekspedisi “Ayo Ke Taman Nasional” dalam Proyek Anggarasaka

Anggarasaka merupakan salah satu rangkaian acara Bentang 2017 yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Biologi Nymphaea ITB. Acara ini adalah hasil dari Ekspedisi yang telah dilaksanakan pada 10 – 21 Januari 2017. Ekspedisi tersebut dilakukan dengan tujuan melihat habitat asli dari Badak Jawa yang kini jumlahnya hanya 63 ekor. Penelitian yang dilakukan pada ekspedisi ini berhasil diloloskan pada simposium internasional mengenai hewan-hewan langka. Kegiatan ini rutin dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Biologi “Nymphaea” setiap tahunnya.

Mata acara Anggarasaka sendiri adalah pemutaran film mengenai Ekspedisi di Ujung Kulon mengenai badak bercula satu yang dibuat oleh Rana Kamera, hasil kerja sama dengan Himpunan Mahasiswa Biologi Nymphaea ITB yang akan diawali dengan instalasi ruangan mengenai Badak Bercula Satu sebagai prolog dari film yang akan ditanyangkan.

Diadakan pula eksebisi hasil foto saat ekspedisi dan submisi terbuka yang dikuratori oleh Geonusantara. Acara ini dilaksanakan pada 17 September 2017 pukul      di Playhouse Jalan Gudang Selatan No.22 . Acara ini diadakan karena kekhawatiran dengan kondisi Badak Bercula Satu yang sudah hampir punah dan demi meningkatkan kesadaran masyarakat pentingnya menjaga alam Indonesia. Anggarasaka sendiri sudah didukung oleh Nat Geo Indonesia, Yayasan Badak Indonesia, Greenpeace, dan WWF sebagai punggawa gerakan konservasi di Indonesia.

Untuk mencapai tujuan tersebut rangkaian acara telah disusun sedemikian rupa untuk benar-benar mencapai sasaran. Seminar dilaksanakan pada hari pertama dengan tujuan menyebarkan hasil penelitian dan mempertemukan para ahli konservasi dan peneliti guna memajukan kegiatan konservasi di Indonesia, dan pameran yang dilaksanakan pada hari kedua dengan tujuan menampilkan pentingnya konservasi dalam bentuk yang mudah dicerna oleh masyarakat umum yakni dalam bentuk seni.

Author: Redaksi

Share This Post On

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *