Rayakan 5 tahun Album ‘Ode Buat Kota’, Elevation Records Rilis Ulang Dalam Format Vinyl

ImageProxy

Merayakan 5 tahun usia ‘Ode Buat Kota’ milik band indie pop Bangkutaman, label rekaman Elevation Records merilis ulang monumental ini dalam format piringan hitam (Vinyl) dengan jumlah terbatas. Album ‘Ode Buat Kota’ yang sejatinya dirilis pada 20 Agustus 2010 ini bakal dirilis ulang di tanggal yang sama tahun ini. Sedangkan sesi pre order vinylnya sudah dibuka mulai 1 Agustus di situs Elevation Records (http://elevationrecords.co/pre-order-vinyl-ode-buat-kota-bangkutaman.html).

Taufiq Rahman, selaku founder Elevation Records menjelaskan bahwa pada versi reissue ini ada dua liner notes baru dalam booklet tebal yang dilapis dalam sleeve eksklusif. Taufiq sendiri menilai bahwa ‘Ode Buat Kota’ adalah salah satu album social commentary yang sangat berhasil. Hampir tanpa cela Acum, Irwin dan Dedyk berhasil memberikan gambaran kota besar terutama Jakarta dengan cara pandang seorang pelaku sekaligus pengamat sosial. Acum sendiri mendefinisikan album ini sebagai berikut:

“Ode adalah pujian. Namun di sini, ode adalah lukisan sinis untuk melihat wajah perkotaan yang sebenarnya. Kampung Melayu, Sunter, Tanah Abang, Klender, sampai Sudirman dan Thamrin, dari sudut sampai pusat, dari kumuh sampai elit. Ide lagu datang dari pergulatan harian dengan kenek bus kota, supir bajaj dan ojek, kesesakan di KRL, sampai supir taksi tersiksa karena dinginnya AC ternyata tak senyaman setorannya yang belum maksimal, tanda-tanda kota: pengemis, pengamen, timer, kenek, polisi, sirene beriringan di atas mobil-mobil dengan pelat mobil khusus yang tidak kebanyakan orang punya, si “raja jalanan” yang punya ruang lega di tengah kemacetan, keriaan anak jalanan di kolong fly over tugu Pancoran, industri musik “berlari di lingkaran setan” sampai wajah pertelevisian, dan panggung dengan beragam “peran”.”

Namun jika social commentary yang kita butuhkan, cukuplah membaca koran atau membaca tulisan Goenawan Muhamad soal Jakarta. “Ode Buat Kota” juga adalah sebuah album musik yang secara sangat berhasil menggabungkan psikedelia The Byrds dan Velvet Underground, folk Bob Dylan atau Pete Seeger dengan energi meledak-ledak dari The Who dan untuk capaian itu layak jika banyak penerbitan memberi penghargaan tertinggi buat album ini di tahun 2010.

Selain melalui sistem pre order, album ini juga bisa didapatkan pada acara launch party yang direncanakan akan terselenggara di awal bulan September mendatang.

(Visited 89 times, 1 visits today)

Author: Komang Adhyatma

Share This Post On

Submit a Comment