Review Gig: Sound Of Ska #4

Sabtu tanggal 29 september 2012 mungkin adalah hari yang di tunggu tunggu para Rude Boys di Yogyakarta. Apalagi kalau bukan acara Sound Of Ska #4 yang diadakan oleh Chipez Production yang bertempat di Jogja Nasional Museum (JNM). Setelah vakum kurang lebih dari 6 tahun akhirnya acara tersebut diadakan kembali, Sebelumnya Sound Of Ska pernah diadakan pada tahun 1999, 2003, 2006. Acara dimulai pada pukul 19.00 dibuka oleh penampilan dari Sri Plecit (Jogja), sontak para rude boys langsung memadati mosh pit. Dilanjut oleh penampilan Aimee (Semarang), Bravesboy (Jogja), Youngster City Rockers (Malang), Don Lego (Bandung), Apollo 10 (Jogja), The Authentics (Jakarta) dan ditutup oleh penampilan dari Shaggydog (Jogja).

Kami juga sempat menginterview The Authentics, Band yang terbentuk pada tahun 2005 dengan genre Ska Revival yang di mix dengan paduan Blues, Jazz dan Swing yang beranggotakan Dawo (Vokal), Arnold (Bass), Babet (Gitar), Ceky (Keyboard), Zendi (Saxophone) dan Dias (Drum). “Perkembangan musik Ska saat ini lebih variatif, sudah banyak band Ska yang diikuti dengan banyaknya event yang diselenggarakan” ujar Dawo. “Di era sekarang mencari referensi lebih mudah, dengan menggunakan internet kita bisa mendapatkan berbagai referensi dari belahan dunia” sambung Ceky.  Tanpa kita sadari perkembangan musik saat ini di indonesia sudah berkembang pesat dengan adanya media internet yang dapat diakses kapanpun. Dawo berharap dengan adanya media internet para Dance Squad (sebutan fans The Authentics) lebih pintar dalam memanfaatkan media tersebut dan semoga semakin banyak generasi baru di musik Ska. “Pelajari Root! Jangan mentang – mentang lagi booming jadi pada bikin band Ska” ujar Dawo yang juga mantan vokalis dari Jun Fun Gung Foo. Ditanya enakan mana jaman dulu dengan sekarang tentang referensi musik , pada era dahulu atau sekarang Dawo menjawab “enakan sekarang, pertama karena referensi lebih luas, referensi bisa pinjem temen atau nyari di blok M, distribusi lagu lebih mudah, apalagi dengan menggunakan internet. Intinya lebih gampang” ujarnya sambil tertawa.

Dalam kesempatanya bermain di acara Sound Of Ska #4 The Authentics membawakan beberapa lagunya seperti Jangan Kau Ragu, Do The Roll, Hey Rudi, Untukmu, You Gotta Dance dan single baru yang berjudul Nyanyikan Lagi yang juga baru dibawakan pertama kali diacara Sound Of Ska #4. The Authentics sendiri baru menelurkan 1 Album yang bertajuk Pencuri Hati. “Sebenarnya bulan Oktober kita meluncurkan album baru termasuk single baru Nyanyikan Lagi, namun karena beberapa kendala album kita tunda sampai tahun depan. Mungkin kalau ada yang berminat menjadi produser, kita menerima” ujar Ceky keyboardis The Authenthics.

“Seru! Bisa berkesempatan main di jogja, para Rude Boys selalu antusias” ujar Dawo. The Authenthics sendiri baru 2 kali main dijogja dan mereka berharap band dari luar Jawa bisa mengundang mereka. Band band Ska Indonesia sekarang sudah lebih variatif, The Authentics sendiri merecomendedkan band seperti Apollo 10 (Jogja), Aimee (Semarang), Monkey Boots, Healthy Body, Sentimental Moods (Jakarta), Don Lego, Bandung Ini Orkeska (Bandung), The Mobster (Solo) dan masih banyak lagi. Mereka berharap band band indonesia untuk lebih giat lagi dalam mempromokan bandnya sendiri. Mereka berpendapat “Go International sudah basi, dizaman sekarang tinggal upload video di youtube sudah bisa dibilang go International”.

Di acara Sound Of Ska #4 juga terdapat booth dari Animal Friends Jogja, yaitu sebuah organisasi non-profit yang berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan hewan dan mengajak seluruh masyarakat untuk tidak membuang satwa tak diinginkan yang sudah terlanjur lahir ke dunia serta Menghentikan tindakan kekerasan dan penganiayaan pada satwa baik yang terlantar maupun yang sudah dipelihara.

Mari kita berdoa semoga Sound Of Ska diadakan lagi dan salut buat para Rude Boys yang sudah memadati Jogja National Museum kemarin. Keep Skankin!

 

Text & Interview: Nugroho Adhy, Randy Surya

 

 

(Visited 172 times, 1 visits today)

Author: Redaksi

Share This Post On

Submit a Comment