This Distance Is Completely Shattered Tour

Setelah Semarang dan Salatiga, Rangkaian tour This Distance Is Completely Shattered akhirnya tiba di kota terakhir, yaitu di Yogyakarta. Diorganisir oleh Halang Rintang, acara tersebut merupakan sebuah tur yang digagas oleh A Thousand Punches sebagai bagian dari pesta perilisan album kedua mereka yang berjudul “This Distance is Completely Shattered”, Acara tersebut diadakan di Tomora Café pada tanggal 31 April 2013. Beberapa line up dahsyat seperti A Thousand Punches (Depok),Final Attack (Jakarta), Real Project (Depok), Grave Behold (Bogor), Stride (Depok) siap memeriahakan akhir pekan bersama band-band lokal keren seperti See It Through, Noise For Violence, Break Inside, This Heart, dan Wicked Suffer turut meramaikan acara tersebut.

Datang sekitar jam 19.00 wib, Saya harus melewatkan See It Through yang tampil lebih dulu. Berikutnya, salah satu band legendaris Noise For Violence akhirnya muncul kembali membawakan lagu-lagu bertema “oldschool”. Aksi mereka yang sudah lama tidak muncul kembali tergolong masih sangat oke.

Setelah penampilan dari Noise For Violence berikutnya giliran Stride yang sudah siap memanaskan area moshpit. Tampil oke dengan beat-beat yang “heavy” cukup membuat saya ber-headbang dan selanjutnya langsung diisi oleh penampilan “youth crew” Real Project yang sanggup membuat crowd ber-sing along dengan lagu-lagu bernuansa “newschool”.

Setelah area moshpit sedikit dipanaskan oleh penampilan teman-teman dari Depok giliran teman-teman dari Yogyakarta. This Heart, yang siap mengambil alih tongkat estafet pesta tour tersebut. Aksi mereka sangat keren!! walaupun sekian lama absen di beberapa panggung. Terutama dari segi sound yang cukup memuaskan di telinga saya. Moshing kecil-kecilan terjadi dan penontonpun menggila. Sempat membawakan lagu-lagu dari Go It Alone membuat crowd semakin memanas dan ber-sing along bersama. Namun sedikit insiden terjadi ketika sang vokalis jatuh terpeleset dan menyebabkan cedera ringan. Beruntung saja tidak parah dan tidak sampai mengganggu jalannya acara.

Menunggu Grave Behold tampil, saya menyempatkan melihat-lihat CD dan T-shirt dari band yang tampil di booth merch yang ikut meramaikan gigs tersebut. Suara gitar sudah bernaungan  dan akhirnya saya melihat aksi band dari Bogor tersebut yang cukup oke, aksi meraka diakhiri dengan mengover lagu dari band favorit saya, Have Heart.

Final Attack, band yang selalu sangat oke di setiap penampilannya. Dalam tour tersebut mereka  membawakan beberapa lagu dari album Hati, Jiwa, Pikiran dan Action Speaks Louder. Spontan crowd pun kembali penuh. Selanjutnya adalah A Thousand Punches. Beberapa lagu dari album terbaru, This Distance Is Completely Shattered mereka bawakan dengan sound yang sangat apik meski beberapa personil terlihat kelelahan. Namun penampilan mereka tetap keren dan tetap memuaskan para penontonnya.

Line up menyisakan 2 penampil lagi, dan penampil berikutnya adalah salah satu band paling berbahaya saat ini.Wicked Suffer, band lokal Yogyakarta yang tampaknya paling ditunggu penampilannya. Seperti biasa, aksi mereka benar-benar memukau penonton,  lagu-lagu baru tak luput dibawakan, salah satunya dengan durasi cukup panjang. Usai kengerian yang dihadirkan, Break Inside menjadi band penutup pada rangkaian tour This Distance Is Completely Shattered.

Tour dalam scene Hardcore, bukanlah sebatas strategi pemasaran bagi musisi untuk memperkenalkan karya mereka ke publik, namun lebih dari itu. Tour adalah menempuh jarak ratusan kilometer untuk sekedar menyapa kawan-kawan lama dan berjabat tangan dengan kawan-kawan baru di kota lain. Membangun jaringan persahabatan lintas kota, bahkan negara. itulah yang menjadi esensi dari tour dalam scene hardcore. Dalam waktu dekat ini akan ada rangkaian tour dari band asal Inggris. Pay No Respect yang akan diadakan pada tanggal 22 April 2013 dan akan di organisir lagi oleh teman-teman dari Halang Rintang. See you in moshpit!!!

Text : G Putra Aji

Photos : John Ronesta Pandia

(Visited 233 times, 1 visits today)

Author: Redaksi

Share This Post On

Submit a Comment