Rising Star #13: Aimee Saras

img_6498

Dyah Rahmi Saraswati atau lebih sering dipanggil Aimee Saras mulai dikenal secara luas terutama di kalangan pecinta seni pertunjukan, setelah memerankan tokoh Sari dalam pementasan “Onrop!”, drama musikal garapan Joko Anwar pada tahun 2010 silam.

“Awalnya sepupu saya yang membujuk untuk pulang ke Indonesia karena dibilang Jakarta teater musikal sudah mulai bergairah kembali”. Dan memang benar, setelah 3 tahun memerankan Gigi dalam musikal “Miss Saigon” di off-Broadway, pamor Aimee semakin bersinar di panggung Jakarta.

Masa kecil Aimee Saras banyak dihabiskan di New York bersama orang tuanya. Setelah sempat bersekolah sebentar di Jakarta, menjelang SMA Aimee kembali ke New York. Setelah lulus dari Hunter College, Agustus 2006 Aimee mengambil program intensif teater musikal di Marymount Manhattan College di New York, tempat yang sama dimana Jane Lynch, pemeran Sue Sylvester dalam seri musikal Glee sempat  berlatih.
 
Karena tidak dibiayai oleh orang tuanya untuk kursus teater, Aimee mencari pendapatan tambahan dengan bekerja sebagai pelayan di sebuah restoran disamping bekerja paruh waktu sebagai asisten humas di Madison Plastic Surgery PC.

Aimee Saras akhirnya mengikuti audisi “Miss Saigon” di Richard Perry Theater, off-Broadway production. Ini adalah sebuah arena pertunjukan di New York dengan kapasitas penonton yang lebih kecil daripada Broadway. Saras akhirnya lolos sebagai understudy (pemeran cadangan) Gigi dan menyingkirkan sekitar 200 orang peminat audisi.

Saat ditanya mengapa lebih memilik pulang daripada berkarier di New York, Aimee menegaskan “Industri ini (teater musikal) kan niche market yang masih cukup sulit untuk ditembus orang dari Asia disana”.

Saat ini karier Aimee Saras di Indonesia sudah berkembang lebih pesat, yaitu tidak lama lagi akan merilis album perdana dimana sebelumnya telah merilis 3 buah single “To NY”, “It Was June” dan “Lagu Tidur Untukmu” yang dirilis secara digital dan juga meluncurkan album penuh yang berjudul Swingin’ Aimee yang dirilis via iTunes pada 12 Desember 2014. Saat ini, Aimee Saras juga mempunyai radio show sendiri bertajuk “The Lady Who Swings” yang disiarkan setiap Selasa malam di Hard Rock FM Jakarta.(KA)

(Visited 2,140 times, 1 visits today)

Author: Komang Adhyatma

Share This Post On

Submit a Comment