Sambut #KaryaKe10Andrea, Bentang Pustaka Bagikan Paket Buku Andrea Hirata ke 15 Pelosok Nusantara

Andrea Hirata adalah seorang penulis yang dikenal melalui novel Laskar Pelangi. Novel pertamanya yang diterbitkan oleh Bentang Pustaka tersebut mengangkat cerita inspiratif dari anak-anak pedalaman Pulau Belitung yang giat belajar walaupun dihadapkan pada kondisi yang serba terbatas. Kisah ini berhasil menjadi buah bibir hingga berhasil tercatat sebagai novel mega best seller yang telah naik cetak sebanyak 37 kali dan diterjemahkan ke dalam 40 bahasa asing.

Berniat meresonansikan nilai-nilai inspiratif dalam Laskar Pelangi serta 8 karya Andrea Hirata yang lain, Bentang Pustaka menyelenggarakan program bertajuk #EkspedisiKaryaAndrea. Bentang Pustaka membagikan karya Andrea Hirata ke 15 daerah di seluruh pelosok Indonesia. Adapun daerah yang menjadi jujukan #EkspedisiKaryaAndrea adalah Supiori (Prov. Papua), Waisai (Prov. Papua Barat), Kei Kecil & Haruku (Prov. Maluku), Sangihe (Prov. Sulawesi Utara), Tomia (Prov. Sulawesi Tenggara), Ende (Nusa Tenggara Timur), Sebatik (Kalimatan Utara), Baso (Prov. Sumatera Barat), Natuna & Anambas (Prov. Kepulauan Riau), Kimak, Arung Dalam & Tanjung Tinggi (Prov. Bangka Belitung), serta Sabang (Prov. Aceh).




#EkspedisiKaryaAndrea berhasil terwujud atas kerja sama Bentang Pustaka dengan 15 tim KKN PPM Universitas Gadjah Mada. Kesamaan tujuan, yaitu untuk menggalakkan program literasi di daerah-daerah terdalam dan terluarIndonesia, membuat Bentang Pustaka berkolaborasi dengan mahasiswa-mahasiswa dari 15 tim KKN PPM UGM. Novel-novel Andrea Hirata tersebut menjadi bahan bacaan untuk program-program bertema literasi serta melengkapi koleksi perpustakaan setempat. Selain itu, Bentang Pustaka turut memberikan bantuan berupa paket buku senilai Rp 2.500.000 untuk Tim KKN UGM Arung Dalam Provinsi Bangka Belitung serta dan Tim KKN UGM Sebatik Provinsi Kalimantan Utara serta paket buku senilai Rp 500.000 untuk Tim KKN UGM Natuna Provinsi Kepulauan Riau dan Tim KKN UGM Supiori Provinsi Papua.

Program ini diselenggarakan dalam rangka menanti #KaryaKe10Andrea yang akan diterbitkan pada pertengahan Agustus mendatang. Menariknya, judul dan sinopsis karya terbaru Andrea Hirata tersebut akan dirahasiakan sampai dengan hari peluncuran buku tiba.

(Visited 21 times, 1 visits today)

Author: Redaksi

Share This Post On

Submit a Comment