Sembilan Webzine Musik Indie Lokal Rilis ‘Indo Singles Club’

Jakarta – 24 November lalu sembilan webzine musik lokal secara serentak merilis Indo Singles Club. Indo Singles Club merupakan wadah yang dibuat untuk memperkenalkan artis atau musisi dari beberapa kota yang selama ini mungkin kurang mendapatkan perhatian yang tepat dari media massa dan penikmat musik di tanah air.

Kesembilan webzine tersebut adalah Wavezine (Medan), Gigsplay (Bandung), Depan Monitor (Pekan Baru), Padang On Stage (Padang), Berisik Radio (Jakarta/Tangerang), Hujan Radio (Bogor), Houtskools (Semarang), XYZ_webzine (Jogjakarta), dan KVLT magz (Jakarta).

“Awalnya Indo Singles Club cuma ide untuk ngegabungin beberapa webzine dari berbagai daerah,” terang Ivann Makhsara dari Wavezine selaku inisiator kolektif ini dalam surat elektroniknya kepada Rolling Stone.

Menurut Ivann, rata-rata webzine juga menjalankan peran sebagai corong untuk promosi musik lokal. “Sayangnya, nggak banyak musisi yg ngerti peran penting media, terutama media lokal, untuk mengekspos mereka,” imbuhnya lagi.

Setiap 2 minggu sekali, webzine yang tergabung dalam jaringan Indo Singles Club mengirimkan satu buah single rekomendasi dari band yang berdomisili di kotanya. Proses kurasi sepenuhnya berada ditangan music director dari masing-masing webzine.

Syarat yang dipatok tidak terlalu sulit yakni cukup mengirimkan single berformat mp3 beserta profil dan artwork.

”Ide dasarnya kan promosiin musisi lokal, syarat paling standar ya bisa mewakili kota itu dan nggak malu-maluin,” papar Ivann.

Setiap single yang dikirim akan diunggah secara serentak setiap hari Kamis pada akun soundcloud Indo Singles Club agar bisa didengarkan melalui audio streaming serta dapat diunduh secara legal dan gratis.

Saat ini menurut Ivann sudah ada dua kota yang menyatakan diri untuk bergabung. Saat ditanya apakah sindikasi ini akan mengerucut jadi sebuah nama, dirinya menyatakan belum ada pembicaraan kearah sana.

“Belum ada pembicaraan khusus untuk masa depan dan masih sebatas making it happen aja, ujar Ivann sambil mengajak webzine dari kota lain untuk ikut serta bergabung.

“Syarat sederhana sih punya passion untuk promosiin musisi daerahnya aja,” pungkasnya.

sumber: Rolling Stone Indonesia

(Visited 165 times, 1 visits today)

Author: Redaksi

Share This Post On

Submit a Comment