Sentimental Moods – Destinasi Empat

IMG-20140625-WA0001

Setelah Sukses merilis EP di tahun 2012 secara terbatas dan membagikan gratis melalui media online kemudian turut berpartisipasi dalam album kompilasi ska di tahun 2013, kini giliran grup musik Ska Instrumental Sentimental Moods kembali ingin mempublikasikan karyanya lewat album perdana mereka Destinasi Empat yang resmi diluncurkan pada hari minggu (22/6) lalu di Payon Resto Kemang  dan bekerjasama dengan label Demajors Independent Music Industry sebagai pihak pendistribusian.

Proses pengerjaan album dari grup band yang terbentuk tahun 2009 ini memakan waktu kurang lebih satu tahun dan berisi 10 lagu yang secara garis besarnya berkonsep instrumental. Sebuah rilisan album fisik dari sebuah band ska asal Jakarta yang patut diperhitungkan keberadaannya, dimulai pada nomor pertama pada album ini Selatan Senjadi daulat sebagai lagu perkenalan yang sekaligus menyajikan berbagai pakem yang biasa terdapat dalam musik Jazz. Terdengar jelas pada pertengahan lagu dimana horn section secara bergantian menunjukkan iramanya, terutama ketika pemain terompet mereka menyisipkan sedikit nada Lagu Cis Kacang Buncis yang kembali mengingatkan kita pada serial anak-anak Si Unyil yang populer di awal tahun ‘90-an. Disambung dengan nomor selanjutnya Gradasi Hitam Putihyang berbalut nuansa tango dan sudah lazim terdengar pada soundtrack film karya Quentin tarantino. Dalamlagu ini terdengar narator membacakan kalimat  “Terhadaplah proses gradasi hitam dan putih, perbedaan definisi, terhadaplah dua sisi, baik atau buruk, kanan dan kiri, jalani proses gradasi” yangmerupakan kutipan pesan dari mereka untuk tidak terlalu mempersoalkan segala perbedaan yang berada di sekitar kita. Sunny Sundayyang merupakan nomor ketiga dari album ini menceritakan tentang suasana liburan di hari minggu yang cerah, lengkap dengan suasana pantai dan dihias dengan matang oleh alunan melodi pentatonik khas indonesia.

Kemudian dilanjut dengan Local Horror, nomoryangberbalut irama swing danmenceritakan tentang berbagai tokoh hantu urban legend baikdalam maupun luar negerimulai dari Frankenstein, Dracula, hingga Gendruwo dan Kuntilanak pun disebutkan dalam narasi yang dibacakan oleh Wiro layaknya seorang Storyteller. Destinasi Empat, lagu yang diangkat menjadi judul album perdana grup ini juga dikemas dan dikombinasikan dengan baik melalui penambahan instrumen biola pada awal lagu. Soundtrack untuk para kaum pekerja Ibukota yang kesehariannya biasa menggunakan jasa angkutan kereta api terdapat pada lagu Choo Choo, suara sirine dan roda roda kereta berhasil di representasikan dengan baik, tempo lagu yang cepat juga sangat mencerminkan tentang kaum pekerja urban yang dituntut harus bisa bergerak cepat.

Di nomor ke-7 yang merupakan bentuk penghormatan kepada sosok yang di cintai dan di hormati dibawakan dengan irama yang teduh dalam lagu Sasuro, sebuahkata yang berasal dari bahasa Pali   yang berarti Ayah. Sebuah Anthem persahabatan juga dinyanyikan dengan lantang dalam Won’t Fade Away, serta Sisi Kiri Jalan dan (Set Your) Headfree sebagai nomor penutup lepas peluh selepas rutinitas sehari hari.

Di nilai secara keseluruhan materi, album dari grup yang beranggotakan 9 pemuda Taufiq alkatiri (Trumpet), Yurie Fachran (Tenor Saxophone), Amoroso Romadian (Trombone), Daniel Sukoco (Baritone Saxophone), Wirastomo (Gitar, Vokal, Agitator), Pardifa Erffrido (Bass), Dhamo Sudirman (Hammond & Piano), Ranando Arlican (Perkusi),dan Beni Adhiantoro (Drum) ini sangat mampu menyita perhatian, berbagai eksplorasi dari genre musik lain juga di aplikasikan dengan baik tanpa merubah roots yang telah ada, serta tidak ketinggalan ciri khas musik asli Indonesia juga berhasil mereka kombinasikan dengan baik di album ini. Tidak heran jika jika grup ini mulai di undang di berbagai event, baik event komunitas maupun di berbagai event besar bahkan event Internasional seperti Jakarta International Java Jazz Festival.(Adhy)

Author: Redaksi

Share This Post On

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *