Setelah 4 Tahun Menunggu, Sigmun Gelar Showcase Album Perdana

sigmun

Digantung selama empat tahun, diiming-imingi janji palsu yang kerap diulang setiap tahunnya, sebagai penggemar musik yang dijajakan oleh Sigmun sejak tahun 2011, saya cukup sabar menunggu keinginan dan komitmen dari personil Sigmun untuk akhirnya menelurkan suatu rilisan yang pantas untuk pertama kalinya. Sejak pertama kali melipat CD-R demo untuk dibagikan di SUPERBAD! besutan The Secret Agents (Indra Ameng dan Keke Tumbuan), taburan ‘gula-gula’ sampingan, disamping alasan standar seputar kesibukan masing-masing selalu menjadi senjata pengalih ketika pembicaraan mengarah ke “kapan Sigmun akan mengeluarkan debut album”. Beberapa single, split album dengan Jelaga dan Suri, dan satu EP lo-fi bertitel ‘Cerebro’; dan selalu dirilis dalam jumlah yang amat terbatas: 30 keping CD, 5, 20, dan 100 keping piringan hitam, 50 buah kaset, jauh dari apa yang bisa dikatakan sebuah rilisan yang ideal, walaupun memang dari rilisan- rilisan tersebut memiliki nilai kolektibel tersendiri.

 

Namun penantian panjang tersebut bukanlah tanpa alasan (…mungkin…), melalui sajian perjalanan surealis dengan tajuk Crimson Eyes yang mereka rilis pada tanggal 15 November lalu, Sigmun mendefinisikan dengan baik musik mereka yang tidak terdefinisi dan tidak terkungkung oleh genre, tempaan selama empat tahun pun tertuturkan dengan baik melalui aransemen- aransemen yang matang dan dewasa. Crimson Eyes adalah sebuah perjalanan sureal, magis, dan hampir relijius, yang, jujur, ingin saya saksikan dan inderakan secara langsung. Sangat pantas menurut saya apabila Sigmun mengadakan suatu acara yang dikhususkan untuk melarutkan para pendengarnya kedalam alam bawah sadar mereka.

 

Bekerja sama dengan Orange Cliff Records (label rekaman Sigmun) dan Suaka Suar CollectiveIn the Wake of the Crimson Eyes merupakan gelaran showcase perdana Sigmun dalam rangka menyambut debut album penuh mereka. Akan diadakan pada tanggal 12 Desember 2015 di Auditorium IFI Bandung, Sigmun, untuk pertama kalinya, akan membawakan rangkaian materi-materi baru dari album debut mereka secara live dan terkurasikan secara visual berdasarkan apa yang terpaparkan di dalam Crimson EyesSigmun akan bermain selama kurang lebih dua jam, dimana selain membawakan materi-materi baru dalam gelaran ini, merekapun akan membawa pendengar-pendengar lama mereka untuk bernostalgia dengan materi-materi mereka yang terdahulu. Bertepatan dengan showcase ini pun, disamping beberapa merchandise t-shirt dan lainnya yang terbatas, Sigmun dengan Orange Cliff Records akan merilis ulang Crimson Eyes dalam format double cassette tape yang hanya akan tersedia di venue. Tiket yang dibanderol dengan harga 75 ribu rupiah ini sudah termasuk poster yang akan dibagikan saat registrasi di venue. Informasi mengenai prosedur pembelian tiket bisa diperoleh melalui akun-akun jejaring sosial Sigmun. (Anindito Ariwandono)

 

(Visited 139 times, 1 visits today)

Author: Redaksi

Share This Post On

Submit a Comment