Setelah 7 Tahun, Melancholic Bitch Rilis Album Terbaru

Setelah lama tidak terdengar namanya, Melacholic Bitch, band alternatif asal Yogyakarta  merilis kembali album baru setelah album terakhir mereka ‘Balada Joni dan Susi’ dirilis 7 tahun yang silam. Album terbaru Melbi ini berjudul ‘NKKBS Bagian Pertama’.

NKKBS (Norma Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera) adalah sebuah jargon propaganda masa OrdeBaru yang menggambarkan konsep keluarga ideal bagi masyarakat Indonesia. Sepanjang tahun 1980an hingga 1990an, program KB menjadi program andalan pemerintah, yang utamanya bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi dan pada saat yang sama, memasukkan ideology politik OrdeBaru hingga unit terkecil masyarakat yaitu keluarga. Sebagaimana “Balada Joni dan Susi”, pada NKKBS bagian Pertama ini seluruh lagu merujuk pada satu narasi besar tentang keluarga, dan segala cerentang dan dinamikanya, termasuk kaitannya dengan peristiwa – peristiwa politik Indonesia 1960an hingga sekarang.

Single perdana yang dirilis dari album ini adalah “Bioskop, Pisau Lipat”, sebuah refleksi pengalaman masa kecil Ugoran Prasad, vokalis Melancholic Bitch atas propaganda OrdeBaru untuk menonton film Pemberontakan G30S/PKI dan bagaimana film itu membangun konstruksi tertentu tentang “perempuan liar” dan “pisau lipat”. “Pengalaman digelandang kebioskop jam 9”, sebagaimana tersebut dalam lagu ini, adalah bagian dari memori kolektif generasi Indonesia yang tumbuh pada 1980an.

Proyek albm ‘NKKBS bagianPertama’ berkolaborasi dengan seniman rupa Akiq AW yang beberapa waktu lalu juga meluncurkan proyek dengan tema yang sama, Indonesian Family Portrait Series dan juga Richardus Ardita, Yennu Ariendra, Ugoran Prasad, Yossy Herman Susilo, Nadya Hatta, dan Danish Wisnu Nugraha (FSTVLST).

Menurut siaran pers, konser perdana album ini akan diselenggarakan pada 9 September mendatang di hall PKKH (Pusat Kebudayaan Koesnadi Harjosoemantri), UGM, Yogyakarta pukul 19.00 WIB.

 

Author: Redaksi

Share This Post On

1 Comment

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *