Setelah Menunggu 2 Tahun, SUPERGLAD Merilis Album Terbarunya, Berandalan Ibukota

super

Time is money seringkali berseliweran di dalam kehidupan kita, entah menjadi istilah ataupun menjadi idiom. Namun SUPERGLAD memiliki istilah yang jauh lebih tepat untuk mendeskripsikan keadaan mereka dalam menggarap album terbarunya. Istilah itu adalah time and money, tentunya bukan karena memiliki banyak kelebihan dalam kedua hal tersebut tapi yang terjadi justru sebaliknya.

Sejak album terakhir (Cinta dan Nafsu) dirilis, SUPERGLAD membutuhkan waktu nyaris dua tahun untuk merampungkan album BERANDALAN IBUKOTA. Bahkan untuk proses rekamannya, SUPERGLAD masih mengalami kendala yang sama dengan banyak pelaku di skena musik non arus utama di Indonesia, sehingga ketika pihak SAE Institute menawarkan 25 shift untuk penggarapan materi album terbarunya, SUPERGLAD tidak perlu banyak pertimbangan untuk mengiyakan.

BERANDALAN IBUKOTA dipilih sebagai sebuah judul album sekaligus tribute untuk komunitas yang membesarkan mereka sejak tahun 1994. Single pertama album ini juga memiliki judul yang sama dengan judul album keenam SUPERGLAD, dan alasannya jauh dari niat primordial atau egosentris akut dengan lokalitas, tapi single BERANDALAN IBUKOTA diciptakan untuk menjadi good advice in a rock way untuk siapapun yang berjiwa berandalan.

Jika ditilik lebih teliti, Ibukota memang tidak hanya identik dengan Jakarta karena nyatanya Indonesia sekarang sudah berkembang menjadi 34 provinsi dan setiap provinsi jelas memiliki ibukotanya masing-masing. Sedangkan kata Berandalan juga memiliki makna yang positif ketimbang stigma masyarakat yang mencibir kriminil, brutal dan sarat dengan kekerasan. Poinnya adalah sampai sejauh mana sosok berandalan itu memiliki niat untuk berkarya, SUPERGLAD sudah membuktikannya.

Memperingati 10 tahun usia kuartet yang berisikan Giox(Bass), Lukis(Vocal,Gitar), Dadi(Gitar) dan Akbar(Drum) dalam industri musik Indonesia, SUPERGLAD mempersembahkan 10 buah lagu untuk para pendengarnya. Kesepuluh lagu itu juga dibantu oleh 10 pihak dari rekan sesama musisi. Andre Harihandoyo berperan sebagai produser dan SUPERGLAD kembali bekerja sama dengan Demajors Independent Music Industry.(KA)

(Visited 187 times, 1 visits today)

Author: Redaksi

Share This Post On

Submit a Comment