Setelah Menunggu 6 Tahun, Silampukau Rilis Album ‘Dosa, Kota & Kenangan’

 Artwork Cover Album Silampukau

Setelah merilis EP Sementara Ini pada tahun 2009, butuh hampir enam tahun bagi Silampukau untuk menghadirkan album penuh ini ke hadapan para pendengarnya. Masa hiatus selama empat tahun sejak 2010 menjadi salah satu kendala yang berarti. Namun, selama masa vakum tersebut, masing-masing personil Silampukau, Kharis Junandharu dan Eki Tresnowening, melampaui proses panjang yang berakibat pada meluasnya dimensi bermusik Silampukau. Hal tersebut bisa dirasakan dari sepuluh komposisi yang kaya di dalam album ini.

Hampir sebagian besar lagu dalam album ini merupakan refleksi kehidupan orang-orang biasa di Surabaya. Mulai dari penjual miras (“Sang Juragan”), bocah kampung (‘Bola Raya”), musisi indie (“Doa 1”), pekerja urban (“Lagu Rantau”), hingga penduduk komuter dan para pelintas jalan raya yang menjalani hidup ulang-alik (“Malam Jatuh di Surabaya”). Seperti sebuah kolase, potongan kisah-kisah kecil tersebut membentuk sebuah gambaran besar tentang kehidupan sehari-hari di Kota Surabaya.

Keterikatan Silampukau pada kota Surabaya juga menonjol pada dua lagu lainnya seperti lagu “Bianglala” yang bercerita tentang Taman Hiburan Rakyat dan “Si Pelanggan” yang berkisah tentang lokalisasi yang baru saja ditutup, Dolly. Kedua lagu tersebut menjadi penanda memori kolektif atas sebuah lokasi atau peristiwa yang lekat dalam ingatan warga kota.

Tiga lagu lainnya memberikan ruang refleksi bagi sesuatu yang sangat personal, seperti “Aku Duduk Menanti”, “Balada Harian”, dan “Puan Kelana”.

Silampukau merekam album ini melalui proses home recording yang menyenangkan. Selama sebulan penuh, Silampukau merekam kesepuluh materi di Surabaya dan Malang. Sedangkan proses mastering dilakukan di Jakarta. Selama pembuatan, Silampukau melibatkan beberapa rekan musisi berbakat yang membuat album “Dosa, Kota, dan Kenangan” memiliki spektrum yang lebih kaya.(KA)

TRACK LIST

  1. Balada Harian
  2. Si Pelanggan
  3. Puan Kelana
  4. Bola Raya
  5. Bianglala
  6. Lagu Rantau (Sambat Omah)
  7. Doa 1
  8. Malam Jatuh di Surabaya
  9. Sang Juragan
  10. Aku Duduk Menanti
(Visited 497 times, 1 visits today)

Author: Komang Adhyatma

Share This Post On

Submit a Comment