Single Baru Answer Sheet Di Penghujung Tahun, Riverside

Dalam rentang waktu yang cukup panjang, akhirnya grup ukulele asal Yogyakarta, Answer Sheet melempar single pertamanya bertajuk “Riverside”. Perlisian single melalui akun Soundcloud (http://soundcloud.com/answersheet) tersebut merupakan langkah promosional dari album debut mereka berjudul “Chapter I: Istas Promenade”. Album ini direncanakan rilis Desember akhir tahun 2012 oleh label kolektif asal Jogja dan Jakarta, Paperplane Recording dan Senjahari Records.
Lagu orisinil berdurasi kurang lebih 6 menit ini menceritakan tentang sebuah kenangan indah masa kecil seorang manusia, ketika masih berkelompok dan bermain sesuka hati. Tema tersebut tampak cukup jelas dalam penulisan lirik, “We’re running in circles, wasting time.” Repetisi bait dalam lirik dapat diartikan sebagai kebahagiaan yang dapat diulang kapanpun seseorang menginginkannya.
Sebuah sungai di Yogyakarta bernama Kali Code (sungai Code) yang membentang dari dataran tinggi (utara) hingga dataran rendah (selatan) dengan kondisi kontradiktifnya antara masa dahulu dengan masa sekarang merupakan inspirasi utama penulisan lagu.

Disebut kondisi memprihatinkan mengingat jaman dahulu ketika semua anak kecil dapat merasakan indahnya mandi sambil bermain di sungai mulai tergeser kondisi air yang kian tahun kian keruh. Ditambah genangan sampah dan penambang pasir yang mulai menambang pasir pasca erupsi merapi tahun 2010. Tak lupa karena tingkat konsumsi berlebih, termasuk budaya less-eastern bisa jadi salah satu faktor generasi baru tidak peduli akan sumber air terdekat dari rumah mereka.
Sebelumnya, Answer Sheet yang terdiri dari Mas Gilang Karebet (Vocal, Ukulele, Keyboard), Wafiq Giotama (Vocal, Ukulele, Tambourine) dan Abdullah Haq (Bass) telah merilis EP pada akhir tahun 2010 melalui SEA INDIE, sebuah netlabel Thailand yang juga pernah merilis beberapa musisi independent Indonesia dan Asia Tenggara.
Agenda lain Answer Sheet akhir tahun ini adalah tur timur Jawa bersama garda depan shoegaze Yogyakarta, Lazy Room yang juga sama – sama mendistribusikan album melalui Paperplane Recording. Kemudian di tahun 2013 akan merilis ulang EP pertama mereka secara terbatas dengan format CD-R melalui Susy Records (Peru).

Credits
Music by Answer Sheet
Produced by Answer Sheet
Recorded at Orange Recording Studio, Yogyakarta
Mixed and Mastered by Fadil Firdaus
Copyright by Paperplane Recording
Contact
Phone : (+62)85643455423
Email : [email protected]
Website : http://answersheet.co.nr/
Facebook : http://facebook.com/answersheet
Twitter : @answer_sheet

(Visited 343 times, 1 visits today)

Author: Redaksi

Share This Post On

Submit a Comment