Spotify Telah Hadir di Indonesia, Apa Saja Keunggulannya?

Suasana Konferensi Pers pelunjuran Spotify Indonesia

Suasana Konferensi Pers pelunjuran Spotify Indonesia

Setelah sebelumnya terlebih dulu hadir di Singapura, Malaysia, serta Filipina, pada hari Rabu (30/3), Spotify resmi menjejakkan kaki di Indonesia.

“Kami sangat bangga dapat menghadirkan layanan musik terbaik dunia ke Indonesia yang sepenuhnya gratis bagi para penggemar musik seumur hidup. Spotify hadir dengan misi menawarkan musik yang cepat, mudah, dan legal,” ujar Sunita Kaur, Direktur Spotify untuk Asia, saat acara peluncuran di Potato Head Garage, Jakarta Selatan.

Sekitar 30 juta lagu yang dimiliki Spotify Indonesia dapat dinikmati olah para penggemar musik di Indonesia secara gratis melalui gawai ponsel pintar dan sabak Android, iOS, bahkan komputer melalui aplikasi desktop.

Tersedia dalam versi Bahasa Indonesia, perusahaan asal Swedia ini juga menyediakan daftar yang terdiri dari lagu Indonesia terpopuler mulai dari Bali lounge hingga musik dangdut. Para pengguna juga dapat menikmati fitur karaoke karena tersedia fitur “Lyrics” pada versi desktop.

Buat kamu yang menggunakan PlayStation 4 dan PlayStation 3, aplikasi Spotify dapat diakses secara gratis.

Menawarkan pengalaman mendengarkan musik yang unik, Spotify menyediakan beragam daftar lagu hasil kurasi para ahli, seperti top charts, Party, Running, Galau, Semangat Pagi dan banyak lagi. Spotify beralasan karena saat ini sebagian pengguna tidak lagi bergantung pada jenis lagu tertentu (Pop, Rock, Jazz, dan lainnya) melainkan lebih ke mood atau momen yang pas dengan kehidupan mereka.

Kelebihan layanan berbayar

Walau bisa dinikmati gratis, Spotify menyediakan layanan berbayar yang memiliki berbagai keunggulan.

Pengguna layanan gratis dibatasi oleh beberapa hal, seperti tidak dapat memutar lagu spesifik yang diinginkan. Pada layanan gratis Spotify hanya mengizinkan pengguna untuk mendengarkan lagu secara acak di gawai mereka.

Selain itu, dalam waktu dekat Spotify juga berencana untuk menutup akses pengguna gratis ke beberapa lagu milik artis tertentu.

Tidak tertinggal, pengguna versi gratis juga akan “diganggu” dengan selipan beberapa iklan yang muncul setiap beberapa waktu.

Jika berlangganan versi Premium, pengguna akan mendapatkan layanan terbaik, seperti mendengarkan musik secara luring (offline) dengan mengunduh lagu-lagu yang diinginkan, melewati (skip) lagu tanpa batasan, memainkan semua lagu secara spesifik, dan mendengarkan musik dengan kualitas audio paling tinggi.

Di Amerika Serikat, layanan premium dikenakan biaya USD9,99 (Rp133 ribu) per bulan. Namun perusahaan yang dipimpin Daniel Ek ini menerapkan tarif yang berbeda di Indonesia. Spotify Premium bisa didapatkan dengan membayar Rp49.990 per bulan.

“Kami menerapkan tarif kompetitif agar dapat melawan pembajakan,” jelas Kaur.

Pembayaran Spotify Premium dapat melalui kartu kredit, internet banking, Doku Wallet, serta jaringan Alfamart, Lawson, dan toko Dan+Dan di seluruh Indonesia. Untuk, pembayaran lewat operator seluler akan tersedia dalam beberapa bulan ke depan.

Khusus untuk pengguna yang memilih metode pembayaran dengan kartu kredit, mereka akan memperoleh bonus gratis berlangganan Premium selama 30 hari.

Langganan tersebut dapat dihentikan sewaktu-waktu jika pengguna menginginkannya, mirip seperti sistem layanan pengaliran video Netflix.

Spotify memberi kesempatan bagi pengguna Indonesia untuk dapat menjajal kelebihan di versi premium secara cuma-cuma selama 7 hari sejak aplikasi diaktifkan.

Kerja sama dengan Indosat Ooredoo

Spotify juga mengumumkan kerja sama dengan operator Indosat Ooredoo yang mulai hari ini menawarkan Spotify Premium kepada pelanggan prabayar sebagai bagian dari paket IM3 Ooredoo Freedom Combos.

Dengan biaya mulai dari Rp24 ribu hingga Rp39 ribu, semua pengguna paket Freedom Combo akan mendapatkan akses gratis penggunaan data untuk Spotify serta mendapatkan Double Quota Data dan Unlimited Voice & SMS calling.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai penawaran Indosat Ooredoo, kunjungi www.im3ooredoo.com/FreedomMusic.

Tabel perbandingan Spotify Free dan Premium

Tabel perbandingan Spotify Free dan Premium

 

(Visited 296 times, 1 visits today)

Author: Komang Adhyatma

Share This Post On

Submit a Comment