Sufjan Stevens Kenang Sang Ibu di ‘Carrie & Lowell’‏

please credit © Denny Renshaw

Pada akhir bulan ini, Sufjan Stevens akan merilis album baru berjudul Carrie & Lowell. Musisi folk yang selalu mengusung tema folklore dan mitos di tiap lagunya itu mendedikasikan albumnya untuk sang ibu. Jika sebelumnya nama besar seperti John Wayne Gacy Jr., Jesus, Marie Todd jadi inspirasi, kali ini Carrie & Lowell justru diambil dari nama ibu kandung dan ayah angkat Stevens sendiri.

Stevens memperdengarkan No Shade In The Shadow of The Cross dan Should Have Known Better kepada fans sejak beberapa waktu lalu di situs resminya. Sementara track Carrie & Lowell sempat diputar perdana di BBC Radio 6 With Mary Anne Hobbs pada pekan ini. Jika melihat single-single tersebut, Stevens tidak mengaransemen musiknya secara megah layaknya lagu Chicago. Hanya ada vocal Stevens dan kegetirannya yang lebih mirip dengan nuansa sendu lagu John Wayne Gacy Jr. di album Illinois.

Hubungan Stevens dengan sang ibu memang memiliki keintiman yang tidak biasa. Sang ibu berjuang melawan schizophrenia, depresi dan alkohol. Ia sudah berpisah dari Stevens pada usia satu tahun dan baru bertemu kembali ketika meninggal dunia pada 2012 lalu. Dan album ini nampaknya ruang gelap Stevens mempertanyakan sekaligus mengenang sang ibu. “I forgive you mother/I can hear you/and I long to be near you,” dalam salah satu lirik pembuka album Carrie & Lowell.

Bahkan, Stevens mengaku sempat mengalami depresi pasca ibunya meninggal dunia. Ironisnya, kesedihan membawa Stevens ke pengalaman ibunya selama ini.

“Sebagai ganti kepergiannya, saya jadi merasa mengonsumi narkoba dan alkohol serta sering berbuat kacau, asal-asalan dan berbahaya adalah cara tersendiri untuk dekat dengannya,” ungkap Stevens dalam sesi interviewnya bersama Pitchfork.(Trn)

Tracklist

1.Death with Dignity

2.Should Have Known Better

3.All Of Me Wants All Of You

4.Drawn to the Blood

5.Eugene

6.Fourth of July

7.The Only Thing

8.Carrie & Lowell video

9.John My Beloved

10.No Shade In The Shadow Of The Cross

11.Blue Bucket of

 

(Visited 414 times, 1 visits today)

Author: Trian Solomons

Share This Post On

Submit a Comment