Tentang Album ‘Thousand Mile Stare’ Incendiary

Incendiary

Jika berbicara hardcore, sudah pasti New York adalah salah satu tempat yang diagungkan. Namun yang tidak terduga adalah di sudut timur wilayah suburban kota tersebut, tepatnya Long Island, ternyata ada scene hardcore lokal yang juga tidak kalah intens.

Setidaknya, scene hardcore Long Island sekarang sedang punya idola baru, bernama Incendiary. Terbentuk pada tahun 2007, Incendiary terkenal karena berhasil menjembatani tradisi NYHC ala Earth Crisis dengan roots lokal Long Island macam Vision of Disorder. Roots Long Island lain yang cukup mempengaruhi band ini juga datang dari nomor Glassjaw. Terbukti, album Cost of Living rilisan tahun 2013 berhasil merekam sisi poignant band ini yang diselimuti atmosfir metallic hardcore yang ketat dan bertenaga.

Saat saya mendengarkan album terbaru band ini, Thousand Mile Stare, rasanya sangat lengkap. Meski bukan seorang yang mengikuti hardcore, tapi Incendiary berhasil membakar darah saya dengan agresi hardcore yang intens dibalut sound metal teknikal. Selain itu, sentuhan produser Will Putney (Every Time I Die, The Acacia Strain) nampak terasa di keseluruhan produksi.

Tiap track di album ini digeber dengan sangat dahsyat—riff tajam dan hentakan patah-patah bersahutan dengan shouting dari departemen vokal, ambil contoh track “Front Toward Enemy”, “The Product Is You” dan “Fact Or Fiction”. Kualitas tersebut menemani  band ini yang secara lirik menumpahkan kefrustasian sosial politik yang relevan dan mendesak.

Dirilis label Closed Casket Activities, Thousand Mile Stare adalah album yang menjadi lanjutan yang tepat paska Cost of Living. Materi di sini sangat kuat menjadikan album terbaik persembahan Incendiary, setidaknya untuk saat ini.

Author: Trian Solomons

Share This Post On

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *