Terang Benderang Ragam Seni di Tebing Batu Breksi dalam SoundsAtions x Barasuara

Yogyakarta telah dikenal sebagai kota istimewa yang kaya akan seni. Seakan tak pernah padam, geliat seni di Jogja terus berkembang dan dapat dinikmati di berbagai sudut kota. Jumat malam, giliran sisi timur kota yang berpendar dengan berbagai ragam seni karya seniman Yogyakarta. Dalam acara yang bertajuk SoundsAtions Habis Gelap Terbitlah Terang (HGTT), kawasan Taman Tebing Breksi berhasil disulap menjadi sebuah galeri terbuka tempat memajang ribuan karya seni yang dapat dinikmati bersama dengan sajian musik berkelas dari Barasuara, Shaggy Dog, Jogja Hip Hop Foundation, dan Risky Summerbee & Honeythief.

“Melalui ajang SoundsAtions HGTT ini, kami ingin mengajak teman-teman komunitas seni di Yogyakarta untuk terus berkarya. Jadi, untuk yang belum mulai berkarya kami harap acara ini dapat menginspirasi untuk jadi lebih berani, atau bagi yang sedang mengalami kebuntuan dalam berkarya, semoga acara ini dapat membantu mereka untuk menemukan „terang‟,” jelas Dita Wiendra Adriati dari Gong Production selaku penyelenggara SoundsAtions HGTT.

Di salah satu sisi tebing batu, Farid Stevy bersama dengan puluhan seniman lainnya terlihat sedang serius membangun sebuah karya berukuran besar. Instalasi tersebut menjadi semacam monumen atas telah terkumpulnya 10,000 artwork dari wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.

“Banyak orang mengenal Yogyakarta sebagai kota seni dan budaya, tapi mungkin mereka belum tahu bahwa setiap tahunnya tidak terhitung berapa hasil karya yang dihasilkan di kota ini. Kali ini, SoundsAtions HGTT berhasil mengumpulkan 10.000 karya seni, dan sekiranya instalasi seni ini mampu membawa pesan bahwa sebagai penggiat seni, kita tidak perlu takut untuk bersuara dan membuat karya kami berpendar lebih luas,” jelas Farid Stevy.

Penampilan Barasuara yang menutup rangkaian acara SoundsAtions HGTT juga makin mengobarkan semangat para penunggang badai yang hadir. Deretan lagu dari album ‘Taifun’ yang dibawakan dengan aransemen berbeda juga diselipi dengan beberapa lagu baru dari Barasuara, salah satunya berjudul “Tentukan Arah” dan “Samara”.

“Rasanya sepanjang malam ini seakan menjadi malam penuh inspirasi. Selain ajakan untuk berkarya dari komunitas serta pelaku seni di Jogja, SoundsAtions HGTT ini juga terus menggaungkan lagu-lagu sarat makna dari berbagai penampilnya. Barasuara sendiri tak pernah ragu untuk mengangkat isu apapun ke dalam sebuah lagu, termasuk lagu-lagu baru yang kami bawakan malam ini,” kata Iga Massardi, lead vocalist dan gitaris Barasuara.

Sejak pukul empat sore, kawasan Taman Tebing Breksi mulai dipenuhi oleh para penggiat dan penikmat seni dari Yogyakarta dan sekitarnya. Mereka datang mengenakan batik sebagai syarat untuk memasuki SoundsAtions HGTT.

Risky Summerbee & Drummer Guyub YK menyambut penonton yang sudah hadir lebih awal dengan musik khas mereka. “SoundsAtions HGTT ini merupakan bentuk semangat go ahead dari berbagai komunitas kreatif Yogyakarta. Perjuangan mereka untuk terus belajar dan berkarya adalah sebuah hal yang patut diapresiasi. Maka, sudah sepantasnya saat ini kita semua merayakan nyala terang ragam seni Yogyakarta,” tutup Dita.

Author: Redaksi

Share This Post On

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *