Tips Sederhana Untuk Memilih Efek Gitar

guitar multi-effects device on a dark background

Efek gitar/powayguitarlessons.com

Setelah populernya gitar elektrik, penggunaan efek gitar dikalangan para gitaris juga menjadi semakin populer. Efek gitar juga menjadi elemen pendukung yang sangat penting bagi gitaris untuk dapat menciptakan karakter musiknya.

Pada dasarnya, ada 2 jenis efek gitar dengan karakter yang berbeda, yaitu efek analog (stompbox) dan efek digital. Untuk efek analog, dapat digunakan secara paralel dengan efek gitar manual lainnya. Untuk efek digital semuanya sudah menjadi satu dalam program komputer yang ada di dalam efek gitarnya itu sendiri.

Bingung mau pilih efek yang mana, digital atau analog? Berikut sedikit tips dari kami untuk memilih efek gitar yang sesuai dengan kamu.

Bandingkan harga 

Biasanya, harga dari efek digital lebih murah dibanding efek analog.

Kualitas suara

Karakter musik tentu dipengaruhi dari suara yang dihasilkan, dalam hal ini efek analog lebih unggul dibanding efek digital, karena tone nya dapat diatur secara manual sesuai dengan kebutuhan kita. Jumlah tone (tone bank)

Daya tahan baterai

Untuk kamu yang sering bepergian dan pentas, tentu baterai menjadi hal yang krusial dalam penggunaan efek gitar. Efek analog memiliki daya tahan baterai yang lebih panjang dibanding digital.

Praktis

Efek digital tentu lebih praktis untuk dibawa bepergian dibanding efek analog, karena semuanya sudah build in menjadi satu tidak terpisah-pisah seperti efek analog.

Konektifitas

Untuk kamu yang memainkan musik elektronik atau melakukan sampling di komputer, disarankan menggunakan efek digital, karena efek analog hanya bisa disambungkan ke gitar atau amplifier saja.

Jadi Bagaimana, lebih memilih menggunakan efek digital atau efek analog? Share di kolom komentar ya.

(Visited 240 times, 1 visits today)

Author: Redaksi

Share This Post On

Submit a Comment