Tips Untuk Kolektor Vinyl

afb021f3427a7fd

Saat ini dimana jaman sudah begitu maju dan banyak hal yang sudah digitalisasi, sosok rilisan fisik ternyata masih saja banyak peminatnya, terutama piringan hitam atau lebih sering disebut sebagai Vinyl.

Kenapa Harus Membeli Vinyl?

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi orang untuk membeli vinyl. Yang pertama adalah karena audiophile, yaitu memiliki ketertarikan dari suara yang dihasilkan oleh rekaman analog.  Faktor kedua, karena ya memang orang terebut suka ngumpulin vinyl. Vinyl juga punya cara yang lebih sentimental untuk sebuah koleksi musik. Banyak orang punya koleksi vinyl dan menyimpannya dengan sangat hati-hati, dan kemudian lebih memilih untuk mendengarkan lagu-lagu dari iPod atau music player lainnya.

Apakah Memiliki Vinyl itu Menguntungkan?
Namanya benda koleksi, tentu saja menguntungkan. Koleksi vinyl  yang disimpan dengan baik  dalam 20-30 tahun ke depan, koleksi tersebut bisa kamu tawarkan  kepada orang lain dengan harga berlipat. Apalagi kalau vinyl tersebut adalah rekaman yang punya catatan sejarah tersendiri sehingga banyak orang menginginkannya. Dibanding data musik digital, tentu rilisan analog memiliki nilai jual yang jauh lebih tinggi.

Tempat yang Tepat Buat Beli Vinyl
Saat ini, vinyl kembali ramai diperjualbelikan di online shop. Coba saja  kunjungi Amazon, Insound, Amoeba, Other Music, GEMM, Turntable Lab, atau beli langsung di website resmi dari artis-artis yang kamu cari. Selain itu, biasanya jual-beli vinyl juga terjadi di komunitas-komunitas pecinta rekaman vinyl.
Cara lain adalah ikut lelang online di eBay, walaupun ada kemungkinan  kalah dan gagal mendapatkan vinyl tersebut. Harganya mungkin lebih murah, tapi saingannya juga lebih banyak.

Cara Menyimpan Koleksi Vinyl
Selalu simpan koleksi vinyl  di tempat dengan temperatur sedang dan kering. Jangan simpan dalam posisi tidur.

Cara Membersihkan Vinyl
Selalu pastikan bahwa vinyl koleksi kamu dalam keadaan bersih dan bebas dari debu. Ada banyak produk di pasaran yang dikhususkan buat menjaga kebersihan vinyl. Selain itu, kamu juga bisa membeli sebuah sikat khusus vinyl dengan handuk lembut atau berbagai produk pembersih yang nggak akan memberi efek negative pada plastik.

(Visited 641 times, 1 visits today)

Author: Redaksi

Share This Post On

Submit a Comment