Twenty Twelve Anniversary

Satu hari menuju weekend, Malang yang merupakan salah satu kota barometer musik di Indonesia diguyur hujan deras bervolume maksimum. Namun beranjak malam, langit berangsur cerah. Saya curiga, pawang hujan janjian merapalkan mantra agar Twenty Twelve 1st Anniversary Party berlangsung khidmat malam ini. Benar saja, setibanya saya di venue, penonton yang didominasi oleh muda-mudi usia akhir belasan tahun sudah padat merayap.

Memasuki menit ke tiga puluh dari pukul sembilan malam, acara dibuka oleh penampilan Ballad For Romantic, band post-rock progressive yang cukup sering wira-wiri di lantai gigs dalam kota maupun luar kota. Ballad For Romantic yang biasanya tampil dalam format full set lengkap dengan synthesizer, malam ini tersaji minimalis namun tetap manis diwakili tiga personel (Nanda, Billy dan Titok) dengan lagu You’re Not Alone (Saosin). Selanjutnya Ballad For Romantic melempar single terbaru berjudul Amnesia ke seantero audience yang sudah setia menanti sejak pukul tujuh malam. Sebagai penutup, Ballad For Romantic secara spesial mendaulat Haikal (vokalis Hoodie Woody Freaky) ke atas panggung untuk menyanyikan Elena Must Dance. Lagu yang sebenarnya bertempo cepat ini dikemas dalam wujud jazzy namun tetap membangkitkan hasrat sing along together. Petikan gitar Billy dan warna vokal Haikal yang sangat khas berhasil memikat atensi. I bet all the audience both girls and boys were already eargasm.

Selanjutnya panggung dirajai oleh Hot New Camp dengan lagu If You’re Wondering If I Want milik Weezer. Venue yang tidak terlalu luas ini mendadak sesak oleh jejeritan kaum adam ketika Raymond (vokalis Hot New Camp) iseng-iseng mendendangkan refrain Heavy Rotation milik AKB48. Rupanya virus empat-delapan sudah merasuki penikmat musik lintas genre. Well said, style boleh ngepunk tapi hati tetap ngepink. Dua lagu berikutnya adalah milik Hot New Camp, salah satunya berjudul Inside My Mind yang sukses membuat audience ikut bernyanyi. Sebagai penutup, Hot New Camp menyajikan lagu dari Blink 182 berjudul Boxing Day bersama Shendy (scream vocal Ballad For Romantic). Rencananya tahun ini Hot New Camp akan meluncurkan EP (extended play) sekaligus tour Jawa-Bali.

Malam semakin pekat dan atmosfer semakin memanas. Venue yang kali ini berlokasi di store Twenty Twelve sesak oleh audience yang haus akan penampilan musisi independent di tengah menjamurnya musisi itu-itu saja yang setiap hari tercover layar kaca. Maka tak heran ketika duo akustik nyentrik Knee And Toes naik ke atas panggung, saya menyambutnya dengan antusias. Ini adalah satu-satunya alasan saya untuk betah menunggu acara yang molor hingga dua jam ini. Lagu pertama berjudul Golden and Diamond disajikan apik dalam nuansa yang sarat akan romansa oleh Ristri dan Bie yang mengingatkan saya pada Endah & Resha. You’ve got the chemistry, folks. Ristri membawakan lagu dengan penuh penghayatan seolah menikahi Taylor Guitarnya. Kemudian dilanjutkan dengan lagu Phone Call dan give away CD Album baru mereka Dammit I’m Mad secara gratis. Sebagai penutup sekaligus hadiah ulang tahun untuk Twenty Twelve Anniversary, Knee And Toes menghadirkan I Will Wait For You milik Mumford & Sons spesial teruntuk Pugo Arie owner Twenty Twelve Premium Store. Tak lupa juga Happy Birthday bergaung lantang malam ini.

Penampilan terakhir malam ini oleh Snickers And The Chicken Fighter yang rupanya membawa full set naik ke atas panggung berukuran mini. Saya pribadi sebenarnya kecewa, karena konsep awal adalah accoustic performance dan semua pengisi acara sepakat tampil minimalis. Saya berekspektasi akan menyaksikan versi sederhana dari Snickers And The Chicken Fighter malam ini. I mean not too noisy but yet gorgeous. Namun kekecewaan saya sedikit terobati dengan bocoran dua lagu di next album mereka yang mengandung unsur swing oldies di lagu Uncle Ben dan sedikit reggae di lagu Make Me Wanna. Last but not least, as Stevie Wonder said “It couldn’t fit more perfectly than to have a world party on the day you came to be. Happy birthday!”

(Visited 28 times, 1 visits today)

Author: Redaksi

Share This Post On

Submit a Comment