Viet Cong Angkat Bicara Soal Kontroversi Nama Bandnya‏

VietCongPortaits-Web-003

Foto: mathewparrithomas.com

Viet Cong jadi perdebatan banyak orang belakangan ini terkait nama bandnya. Unit post-punk ini pun akhirnya merasa perlu untuk angkat bicara untuk menjelaskan asal-usul nama Viet Cong.

Menurutnya, nama Viet Cong merupakan hasil kenaifan dan pengetahuan yang terbatas tentang sejarah perang negerinya. Dalam hal ini, mereka yang jadi korban kekerasan dan kekejaman dari perang Vietnam yang tidak dimenangkan oleh Amerika Serikat itu.

“Kami sekarang tahu beban di balik kata Viet Cong,” jelasnya dalam surat terbuka. “Kami tidak bermaksud membuat nama yang menjadi provokatif dan melukai (korban perang),” jelasnya kemudian.

Sebelumnya, band yang mempunyai single Silhouettes ini batal manggung di Oberlin College. Ivan Krasnov selaku promotor bahkan membuat public apology, yang menyebutkan menyesal mengundang band dengan nama yang melukai warga Vietnam.

Sementara itu, gitaris Gang of Four, Andy Gill menyayangkan sikap promotor. “Memutuskan secara sepihak apa yang baik dan tidak artinya kamu bertindak secara illiberal, tidak demokratis dan anti-progressive,” jelasnya dikutip dari Exclaim.(Trn)

 

(Visited 43 times, 1 visits today)

Author: Trian Solomons

Share This Post On

Submit a Comment