Zoo Kembali Dengan Sebuah “Prasasti”

Setelah rehat hampir 3 tahun, akhirnya salah satu punggawa musik eksperimental rock asal Yogyakarta Zoo kembali dengan album penuh kedua yaitu Prasasti dengan single Hymne Peradaban dan Pemuja Hari. Sebuah album yang berisikan 11 lagu berkomposisi dan 11 improvisasi yang dikerjakan mulai dari bulan Maret 2012. Dialbum ini, Zoo semakin mematangkan konsep musik yang dilakukan di album sebelumnya Trilogi Peradaban. “Pada tahun 2009 dialbum Trilogi Peradaban, kita sudah memulai mencampurkan elemen – elemen musik tradisional dan di album Prasasti ini kita mulai mengangkat elemen – elemen bahasa di dalamnya” ujar Rully Herman sang vokalis. Syair lagu yang digunakan pada album Prasasti menggunakan aneka ragam bahasa dari berbagai daerah di indonesia seperti, Aceh, Bugis, Palembang, Dayak, Lombok, Kawi, Sulawesi Tengah, Banjar dan Minang. Selain itu dialbum ini Rully juga menciptakan sebuah aksara yang diberi nama Zugrafi yang terdapat kemasan boxsetnya.

Bila dialbum sebelumnya Trilogi Peradaban menggunakan kemasan boxset yang terbuat dari kayu, kali ini dialbum Prasasti kemasan terbuat dari batu granit seberat 1,7 kg dengan nama band dan judul album terpatri pada lempengan logam stailess steel. Disertakan juga satu lembar kertas daur ulang berisikan lirik lagu dan kredit album yang dicetak dengan teknik cetak saring. Kemasan ini hanya diedarkan sebanyak 200 kopi dengan hand – numbered pada lembar materi teks.

Dikesempatan ini, Zoo memberikan Edisi khusus pre-order yang akan ditutup pada tanggal 11 Desember 2012. Edisi spesial ini terdapat bonus berupa 1 file font Zugrafi dan selembar pedoman Aksara Zugrafi. Dalam pre-order ini pemesan dapat memilih nomor edisi yang diinginkan mulai dari 2-200. Edisi pre-order ini hanya tersedia 100 kopi dan kemasan boxset dijual dengan harga Rp. 150.000.  “Saat ini pemesan pre-order baru 50 pemesan dan masih terbuka 50 pemesan lagi” ujar Wok The Rock founder dari label digital Yes No Wave Music. Kemasan boxset bisa dipesan melalui e-mail: [email protected] atau menghubungi Ical di 08561871125.

Prasasti sendiri secara resmi akan dirilis pada tanggal 12-12-2012. Format digital juga diedarkan secara unduh gratis di situs Yes No Wave Music (http://www.yesnowave.com). “Yang jelas akan ada launching dan besar harapan bisa Tour ke berbagai kota” ungkap Rully disela Press Conference hari ini. (Randy Surya)

(Visited 61 times, 1 visits today)

Author: Redaksi

Share This Post On

Submit a Comment